Monday 3 March 2014

Fun Learning: Start from They Loved





Fun learning lagi . . . fun learning terus . . .

Tulisan ini saya buat khusus untuk anda yang kebingungan mencari ide menesain learning yang fun. Mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini, ada sedikit ide bagi njenengan semua. . .


Masih sangat jelas dalam ingaan saya ketika saya mengajarkan penjumlahan pada siswa-siswa saya di kelas 1 SD. Saat itu, saya kebingungan menentukan bagaimana cara membuat pembelajaran penjumlahan tidak kaku, fun, tetapi in the end anak-anak tetap dapat menguasai materi yang diberikan (alias tujuan pembelajaran tetap tercapai).

Saya putar pikiran saya untuk mendapatkan cara terbaik dan akhirnya saya teringat sesuatu. Saya pernah mengikuti pelatihan mengajarkan konsep dasar matematika menggunakan buku Math with Albert dengan narasumber Bu Nancy dari Surabaya. Dalam pelatihan itu beliau menjelaskan cara mengajarkan penjumlahan dengan ubin-ubinan, dimana ubin puluhan dan satuan dibedakan.
Dari bekal itulah akhirnya saya mencoba menginovasi teknik ubin dengan teknik saya sendiri, sehingga jadilah pembelajaran penjumlahan bersama Putri Salju, Kurcaci, dan Penyihir.

Jatuhnya pilihan saya terhadap Putri Salju, Kurcaci, dan Penyihir tentu saja beralasan. Pertama, anak perempuan pasti menyukai tokoh putri salju. Kedua, anak laki-laki pasti menyukai kurcaci dan penyihir yang lucu. Ketiga, terdapat anak didik saya yang terobsesi sebagai pahlawan (pada teknik ini akan diberikan narasi bahwasanya mereka bertugas menjadi pahlawan yang memiliki misi untuk menyelamatkan Putri Salju dari serangan Penyihir). Dari ketiga alasan tersebut yakni kecintaan mereka pada suatu hal, membuat saya dapat membuat suatu media pembelajaran dan anak-anak sendiri menjadi sangat fun mengikuti pembelajaran dan hasilnya pun materi lebih cepat dikuasai siswa.

KONKLUSI:
Cara ini juga membuat kita sebagai guru belajar untuk memahami anak-anak lebih dekat.
Fun Learning: Start from They Loved
Fun Learning: Start from They Loved
Ditulis Oleh : faiqohachmad
Published :
Rating : 4.9

0 comments:

Post a Comment