Download buku Tematik:
Kelas 1 SD Buku Siswa : Diriku
Kelas 1 SD Buku Guru : Diriku
Kelas 1 SD Buku Siswa : Kegemaranku
Kelas 1 SD Buku Guru : Kegemaranku
TEMATIK, kata ini tidak asing lagi di telinga saya. Tepat setengah tahun yang lalu saya telah mulai belajar secara singkat. Dan Alhamdulillah, dari hasil seminar Kurikulum 2013 yang saya ikuti pada tanggal 30 Januari 2014, saya mendapatkan secara utuh apa dan bagaimana itu pembelajaran tematik. Berikut ini akan saya bagi pada kawan-kawan semua segala hal seputar si “TEMATIK”. Let’s check it out:
Kelas 1 SD Buku Siswa : Diriku
Kelas 1 SD Buku Guru : Diriku
Kelas 1 SD Buku Siswa : Kegemaranku
Kelas 1 SD Buku Guru : Kegemaranku
TEMATIK, kata ini tidak asing lagi di telinga saya. Tepat setengah tahun yang lalu saya telah mulai belajar secara singkat. Dan Alhamdulillah, dari hasil seminar Kurikulum 2013 yang saya ikuti pada tanggal 30 Januari 2014, saya mendapatkan secara utuh apa dan bagaimana itu pembelajaran tematik. Berikut ini akan saya bagi pada kawan-kawan semua segala hal seputar si “TEMATIK”. Let’s check it out:
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan
beberapa mata pelajaran sehingga dapat
memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
Ciri-Ciri Pembelajaran tematik terpadu:
1.
Berpusat pada anak
2.
Memberikan pengalaman langsung
3.
Pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak
4.
Menyajikan konsep dari beberapa mata pelajaran
dalam satu PBM
5.
Bersifat luwes
6.
Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dg
minat dan kebutuhan anak
Langkah Penyusunan Perangkat Tematik:
1.
Memilih
& Menetapkan tema
2.
Melakukan analisis SKL, KI, Kompetensi Dasar, Dan MEMBUAT indikator,
3.
Melakukan pemetaan hubungan KD, Indikator dg
tema satu tahun
4.
Membuat jaringan KD, indikator
5.
Melakukan penyusunan silabus Tematik
6.
Menyusun RPP Tematik
Langkah Penyusunan Tema:
1.
Tema tidak terlalu luas
2.
Tema bermakna
3.
Harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak
4.
Mampu mewadahi sebag. besar minat anak
5.
Mempertimbangkan peristiwa otentik
6.
Mempertimbangkan kurikulum yang berlaku dan
harapan masyarakat
7.
Mempertimbangkan ketersediaan sumber belajar
KONKLUSI:
Pembelajaran tematik terpadu, ribet sih sebenarnya. . . . Tapi menyenangkan karena membuat guru semakin kreatif dan inovatif. Muridnya juga jadi tidak bosan belajarnya . . . :)
Contoh Jadwal Pelajaran Menggunakan Model Tematik:
Pembelajaran tematik terpadu, ribet sih sebenarnya. . . . Tapi menyenangkan karena membuat guru semakin kreatif dan inovatif. Muridnya juga jadi tidak bosan belajarnya . . . :)
Contoh Jadwal Pelajaran Menggunakan Model Tematik:
WAKTU
|
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
7.00-7.35
|
MATERI
|
ORKES
|
MATERI
|
MATERI
|
AGAMA
|
SE-BUD
|
7.35-8.10
|
MATERI
|
ORKES
|
MATERI
|
MATERI
|
AGAMA
|
SE-BUD
|
8.10-8.45
|
MATERI
|
ORKES
|
MATERI
|
MAT
|
AGAMA
|
SE-BUD
|
8.45-9.00
|
ISTIRHAT
|
|||||
9.00-9.35
|
MATERI
|
ORKES
|
MATERI
|
MATERI
|
AGAMA
|
SE-BUD
|
9.35-10.10
|
MATERI
|
MATERI
|
MATERI
|
MATERI
|
MATERI
|
MATERI
|
10.10-10.45
|
EVA
|
EVA
|
EVA
|
EVA
|
EVA
|
EVA
|
10.45-11.30
|
EVA
|
EVA
|
EVA
|
EVA
|
EVA
|
EVA
|
0 comments:
Post a Comment