Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Scientific Approach (pendekatan sains). Pendekatan inilah yang saat ini banyak diperbincangkan dalam kurikulum baru 2013 (bagi sekolah yang baru/belum menerapkan kurikulum 2013 di sekolahnya mungkin masih bertanya-tanya apa itu scientific approach).
Berdasarkan hasil seminar yang saya ikuti dengan narasumber Bu Evi (dosen IAIN Sunan Ampel Surabaya), menjelaskan bahwa terdapat 5 langkah dalam pembelajaran scientific approach, yakni:
1. Observing (Mengamati)
Mengamati dapat berupa melihat suatu kejadian/peristiwa, membaca buku/karya ilmiah lainnya, dan mendengarkan suatu cerita/informasi.
Mengamati dapat berupa melihat suatu kejadian/peristiwa, membaca buku/karya ilmiah lainnya, dan mendengarkan suatu cerita/informasi.
2. Questioning (Menanya)
Mengadakan dialog/tanya jawab mengenai suatu informasi yang didapat dari hasil observasi.
Mengadakan dialog/tanya jawab mengenai suatu informasi yang didapat dari hasil observasi.
3. Associating (Menalar)
Mengaitkan informasi dengan informasi lain yang telah diketahui oleh siswa sebelumnya atau membuat rumusan secara umum informasi yang didapat.
Mengaitkan informasi dengan informasi lain yang telah diketahui oleh siswa sebelumnya atau membuat rumusan secara umum informasi yang didapat.
4. Experimenting (Mencoba)
Mencari data untuk mendukung apakah informasi dapat diterima atau ditolak.
Mencari data untuk mendukung apakah informasi dapat diterima atau ditolak.
5. Networking (Membentuk Jaringan)
Mempresentasikan, mengkomunikasikan, atau menyimpulkan data yang telah dieksperimen.
Mempresentasikan, mengkomunikasikan, atau menyimpulkan data yang telah dieksperimen.
0 comments:
Post a Comment